-->

Wisata Air Terjun Jeruk Manis Lombok Timur

Tidak ada komentar

Mari Liburan YUK - Tempat wisata satu ini mungkin kedengarannya agak sedikit unik, namanya diambil dari salah satu nama jenis buah yakni Air Terjun Jeruk Manis. Namun siapa sangka dibalik nama yang unik menyimpan keindahan air terjun mempesona. Udara disini begitu bersih, segar dan sejuk dengan kawasan hutan lindung disekitarnya. Memang sih, jalan menuju lokasi air terjun terbilang jauh tapi itu akan terbayarkan takkala kita sudah sampai ditujuan, dijamin tidak bikin nyesal karena tempatnya benar-benar keren dan indah.

gambar air terjun jeruk manis
image: radarlombok.co.id

Baca juga: Air Terjun Sipiso Piso

Air terjun Jeruk Manis yang berlokasi di Kembang Kuning, Lombok Timur, NTB ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter dan cuma satu-satunya air terjun yang ada dilokasi tersebut. Wisatawan yang datang tak hanya dari lokal saja tapi juga sudah disentuh oleh wisatawan dari mancanegara.

Jalan Menuju Lokasi Air Terjun Jeruk Manis

Sebagaimana yang sudah disebutkan diatas, untuk menuju lokasi terbilang jauh, dari kota Mataram jaraknya 50 km dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, rutenya mulai dari Mataram-Cakranegara-Narmada-Sedau-Mantang-Kopang Terara-Sikur-Masbagik-Desa Kembang Kuniing. Sesampai ditujuan dari pintu gerbang masuk air terjun kalian harus berjalan kaki dengan jarak kurang lebih 1,5 km. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 15-20 menit. Mungkin yang sudah terbiasa dengan berjalan kaki tak jadi masalah dan menikmati perjalanannya dengan happy.

gambar air terjun jeruk manis
image: lombokoption.co.id
Baca juga:

Apalagi selama dalam perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan yang bagus, berbagai jenis tanaman dan tumbuhan bisa kalian temukan disini seperti Paku-pakuan, bunga liar, Durian, Lemuru, Liuh-liluh, dan Bajur. Tak hanya tumbuhan, kalian juga akan melihat kehidupan hewan dari beragam jenisnya seperti kera dan juga rusa. Perjalanan kalian akan melewati jalan setapak tidak curam yang disusun dari batu.

gambar jalan air terjun jeruk manis
image: backpackerjakarta.com

Dalam perjalan juga kalian akan dapati tempat peristirahatan kayak semacam gazebo tapi orang-orang setempat menyebutnya "Berugak". Ada 3 buah Berugak yang kalian lewati, saat kalian sampai di Berugak terakhir disarankan untuk berlama-lama disini, karena kalian akan melihat pemandangan hutan lindung yang asri sembari beristirahat. Di Berugak yang ketiga ini jaraknya sudah tidak jauh lagi dari lokasi air terjun.

Jika tujuan kita sudah sampai, anda bisa langsung menikmati air terjun Jeruk Manis dengan mandi, berenang atau apalah karena air disini benar-benar segar banget. Semoga liburan di Air Terjun Jeruk Manis dapat menyegarkan jiwa dan pikiran kita.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.