-->

Bukit Bangkirai Kalimantan Timur - Tiket Masuk, Penginapan dan Alamat

Tidak ada komentar

Mari Liburan YUK - Saatnya mata kita tertuju objek wisata alam yang ada di Kalimantan Timur tepatnya di Samboja, kabupaten Kutai Kartanegara. Nama objek wisata tersebut adalah Bukit Bangkirai, tentunya nama tempat ini sudah tak asing lagi di dengar ditelinga kita khususnya bagi warga setempat.

image: getborneo.com

Bukit Bangkirai sendiri merupakan hutan hujan tropis yang saat ini masih terjaga kealamiannya. Di dalamnya terdapat banyak pohon-pohon yang tingginya mencapai 40 hingga 50 meter dengan diameter 2,3 meter.

Pohon-pohon tersebut tumbuh diatas lahan yang luasnya mencapai 1500 hektar. Selain pohon-pohon yang besar menjulang tinggi, terdapat pula binatang satwa yang dilindungi.

Daftar Isi:

Sensasi Canopy Bridge (Jembatan Gantung)

Selain itu yang menjadi daya tarik dari Bukit Bangkirai adalah adanya Canopy Bridge (Jembatan Gantung). Di area ini merupakan lokasi paling sering dilalui pengunjung dan dibutuhkan adrenalin untuk melewati jembatan tersebut.

image: commons.wikimedia.org

Panjang jembatan tersebut kisaran 64 meter. Jembatan ini digantung dengan menghubungkan 5 pohon Bangkirai yang memiliki ketinggian 30-40 meter.

Sangat dibutuhkan keberanian untuk melewati jembatan tersebut. Bayangkan saja, bila dalam perjalanan tiba-tiba ada angin bertiup sepoi-sepoi, spontan saja jembatan tersebut akan berayun-ayun, hal ini akan membuat kita merasa histeris dan ketakutan.

Namun rasa ketakutan kalian selama berada di jembatan akan mulai berkurang takkala dihadapkan pemandangan alam hutan hujan tropis yang bisa kalian saksikan di atas jembatan tersebut. Disaat inilah pengunjung biasanya memanfaatkan untuk mengambil gambar dengan memotretnya.

Perlu diketahui juga, untuk bisa sampai ke jembatan ini kalian harus melewati terlebih dahulu beberapa track jalan menyusuri tumpukan anak tangga yang cukup mendaki.

Tiket Masuk Bukit Bangkirai

Untuk bisa menikmati panorama hutan hujan tropis di Bukit Bangkirai, kalian harus terlebih dahulu membayar tiket masuk. Harganya tidak mahal kok cuma Rp.5.000 per orang untuk dewasa. Lain lagi untuk anak-anak yang cuma dikenakan tarif Rp.2.000 saja.

image: msn.com
Baca juga:

Sementara untuk kalian yang ingin mencoba menikmati Canopy Bridge dikenakan biaya Rp.25.000 per orang. Biaya tambahan lainnya adalah parkir motor Rp.3.000 dan mobil Rp.10.000.

Selain cottage, ada juga fasilitas pendukung lainnya seperti tempat ibadah (musholla), tempat makan dan tempat bermain untuk anak-anak.

Penginapan di Bukit Bangkirai

Lokasinya sangat cocok buat untuk camping dan itu dibolehkan asalkan minta izin kepada pengelola. Tapi terdapat juga penginapan yang disewakan berupa cottage.

Harga sewa cottage sendiri beragam dari 550 ribu hingga 750 ribu per malam. Cottagenya terdiri dari 2 kamar dengan ruang tamu dan ruang makan.

Alamat Lokasi Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai lokasinya berada di Karya Merdeka, Kec. Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75271. Dari pusat kota Balikpapan sekitar 2 jam.

Untuk menuju lokasi agak sedikit terhambat dengan kurang bagusnya akses jalan yang akan dilalui. Memang sih jalannya sudah aspal tapi sebagian besar sudah rusak, berbatuan dan ada berupa tanah, jika musim hujan malah akan menjadi hambatan besar untuk bisa sampai ke tujuan lokasi.

Meksipun akses jalannya bisa dilalui semua kendaraan baik itu motor, mobil ataupun bus, tapi kita harus tetap berhati-hati dengan kondisi jalan tersebut. Kedepannya bisa menjadi pertimbangan oleh pemerintah setempat untuk membenahi akses jalan menuju Bukit Bangkirai.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.