-->

Air Terjun Simempar - Info Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi

Tidak ada komentar

Mari Liburan YUK - Saya ingin mengajak kalian untuk melihat air terjun yang ada di Desa Simempar, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deli Serdang, nama tempatnya adalah Air Terjun Simempar. Bagi kalian yang merasa baru mendengar tempat wisata air terjun ini, baiknya untuk mencoba datang kesini. Tempatnya benar-benar menyejukkan meskipun harus ditempuh dengan perjalanan yang sangat melelahkan.

Air Terjun Simempar - Info Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi
image: pariwisatasumut.net
Baca juga: Air Terjun Telunjuk Raung

Konon katanya kalau Air Terjun Simempar ini sering dikunjungi oleh warga setempat sebagai tempat untuk meminta hujan. Namun berjalannya waktu, ritual tersebut kini sudah diabaikan atau dilupakan oleh masyarakat sekitar. Dan kini Air Terjun Simempar menjadi objek wisata yang sangat seru dan menyenangkan.

Untuk pergi kesini dibutuhkan stamina yang kuat karena untuk menempuh lokasi air terjun dipenuhi dengan rintangan diantaranya jalan yang licin, mendaki, berliku dan itu sangat melelahkan. Meskipun demikian, lelah anda akan terbayarkan takkala melihat langsung keindahan yang mempesona dari Air Terjun Simempar.

Soal kejernihan Air Terjun Simempar tak usah ditanya lagi, benar-benar sangat jernih. Karena air terjun ini memiliki mata air sendiri jadi anda bisa minum langsung airnya dan rasanya sangat menyegarkan.

Hampir semua pengujung yang datang rata-rata memberikan penilaian yang sangat bagus terhadap Air Terjun Simempar. Selain harga masuknya murah meriah ketajuban kalian makin bertambah jika sudah berada dilokasi.

Dilokasi ini kalian bisa melakukan aktifitas seperti berenang atau berfoto-foto dengan background berupa air terjun Simempar. Pokoknya kalian pasti betah lama-lama disini.

Objek Wisata Pohon Damai

Air Terjun Simempar tidak lepas dari yang namanya Pohon Damai. Pohon Damai tersebut memiliki ukuran yang sangat besar. Masyarakat setempat menamakan pohon damai karena katanya kalau kita dekat dengan pohon tersebut dapat membuat hati menjadi damai.

Air Terjun Simempar - Info Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi
image: metrokampung.com

Bagi saya hal ini merupakan perbuatan syirik yang harus kita jauhi, dan tidak boleh kita percayai. Yang memberikan kedamaian hati seseorang adalah yang menciptakan hati tersebut yaitu Allah subhanahu wa ta'ala.

Pohon Damai menjadi lokasi pos untuk menuju Air Terjun Simempar. Anda akan melakukan perjalan ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Simempar

Untuk harga tiket masuk air terjun Simempar sendiri sangat murah kok, kalian cuma bayar Rp.10.000 saja dan itu sudah termasuk dengan parkir motornya. Tapi beda lagi dengan biaya untuk menuju lokasi air terjun, kalian harus wajib menyewa jasa ranger dan biayanya lumayan mahal sih yakni 400.000/15 orang.

Wah, kalau gitu untuk menghemat biaya baiknya kalian berkunjung bersama rombongan. Bayangkan saja kalau yang datang berkunjung cuma 4 orang berarti per orangnya lho siapkan 100 ribu per orangnya. Belum lagi dibutuhkan ekstra tenaga untuk sampai ke lokasi air terjun. Jadi solusinya siapkan rombongan kalian minimal 10 orang hitung-hitung hemat biaya, semakin banyak orang makin murah meriah lho keluarin biaya.

Lokasi dan Rute Air Terjun Simempar

Air Terjun Simempar berlokasi di Desa Simempar, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deliserdang. Rute perjalanan ada beberapa pilihan alternatif dan disini saya berikan 2 jalan alternatifnya yaitu melalui Medan-Lubukpakam-Bangun Purba- Simempar atau Medan-Delitua-Tiga Juhar-Simempar maupun Medan-Berastagi-Kabanjahe-Saran Padang-Simempar.

Air Terjun Simempar - Info Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi
image: youtube.com
Baca juga: Air Terjun Sampuren Putih

Waktu perjalan kurang lebih sekitar 2,5 hingga 3 jam. Kemudia sesampai pos lokasi, selanjutnya kalian melanjutkan perjalanan menuju air terjun dengan waktu sekitar 2 jam dengan berjalan kaki tanpa istirahat, kalau ada istirahatnya mungkin sekitar 3 jam bahkan lebih. Memang perjalanannya terasa melelahkan belum lagi rintangan seperti jalanan licin, mendaki, terjal dan kalian memasuki hutan-hutan.

Untuk melihat rute lengkapnya silahkan search saja di google "gbkp gunung paribuan", karena itu jalan masuk paling benar dan Insya Allah tidak bakal nyasar deh.
Kami menyarankan untuk datang pagi-pagi atau camping sebelum trekking. Dan tidak disarankan mulai trekking diatas jam 3 sore apalagi tidak memakai jasa ranger.

Aturan Selama Berada di Air Terjun Simempar

Kepala desa setempat telah menetapkan aturan bagi wisatawan yang hendak berkunjung kemari. Pertama adalah wajib memakai jasa ranger agar pengunjung tidak kesasar.

Kemudian diharapkan pengunjung untuk senangtiasa menjaga kebersihan lingkungan selama berada dilokasi objek wisata, kalau perlu sampahnya disimpan dikantong plastik yang kalian bawa. Jika pengunjung ingin melakukan pendakian, diharapkan terlebih dahulu melapor kepada kepala desa atau warga yang berada dilokasi.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.