-->

Fort Rotterdam Makassar - Info Tiket Masuk dan Jam Buka

Tidak ada komentar

Mari Liburan YUK - Mari sejenak berkunjung ke bangungan bersejarah yang berada di Makassar, yakni Fort Rotterdam Makassar atau biasa dikenal juga dengan sebutan Benteng Ujung Pandang. Bangunan tua yang beralamat di No.Road, Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berdiri pada tahun 1545 oleh raja Gowa yang ke 9 bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' kallonna.

image: makassar.singgasanahotels.com
Baca juga: Lappa Laona - Tempat Wisata Bukit di Barru, Alamat dan Rute Jalan Menuju Lokasi

Benteng Fort Rotterdam Makassar, orang Gowa-Makassar menyebutnya Benteng Penyu karena tempat ini merupakan markas dari pasukan katak kerajaan Gowa. Istilah "Benteng Penyu" sendiri dikarenakan benteng ini kalau dilihat dari atas udara maka tampak seperti hewan penyu yang mau masuk ke pantai.

image: ngetrend.co.id
Baca juga: Bukit Watu Meja - Wisata Banyumas dan Info Harga Tiket Masuk

Faktor mengapa Benteng Ujung Pandang yang berubah nama menjadi Fort Rotterdam dikala itu karajaan Gowa-Tallo berkuasa, mereka melakukan perjanjian Bungayya disertai dengan tanda tangan dan salah satu isi pasalnya mengharuskan kerajaan Gowa untuk menyerahkan benteng Ujung Pandang kepada Belanda. Dan sejak itulah namanya berubah menjadi Fort Rotterdam.

image: id.wikipedia.com
Baca juga: Pantai Seruni Bantaeng - Info Wisata Alamat Lokasi dan Penginapan Hotel

Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat ini diperkenankan terlebih dahulu untuk mengisi buku tamu. Saat anda memasuki, tampak rumput-rumput hijau berupa taman yang disekelilingnya berupa bangunan-bangunan tua bersejarah Fort Rotterdam. Rata-rata bangunannya bertingkat dua, dan tembok yang tingginya sekitar 3 meter mengelilingi bangunan benteng.

Tiket Masuk Fort Rotterdam Makassar

Sebenarnya harga tiket masuk Fort Rotterdam tidak memungut biaya sepersen pun alias gratis. Nanti akan dikenakan biaya takkala memasuki meseum seperti museum lagaligo. Harga tiketnya untuk masuk ke meseumnya sekitar Rp.10.000 saja. Dan biasanya tempat ini terlihat ramai takkala dihari-hari libur.

image: klikalamat.com

Jam Buka Fort Rotterdam Makassar

Tempat ini biasanya buka mulai jam 6 pagi hingga 6 sore. Namun terkadang juga buka diatas jam 6 tergantung dari kondisi. Tempat ini sering dijadikan tempat edukasi buat anak-anak pelajar sebagai bahan pengetahuan tentang bangunan bersejarah ini.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.